Supaya Tidak Mundur...
itu susah-susah gampang..
Nah...ketika sudah berada di jalan raya.semua orang yang sedang belajar mengemudi pasti ingin tahu cara mengemudi mobil di tanjakan.
...Termasuk anda bukan?
Saat berhenti di tanjakan,supaya mobil bisa stabil ketika berhenti,berikut ada beberapa cara berhenti di tanjakan,antara lain:
→ Berhenti dengan Handrem.
Perlu di ketahui,
ketika berhenti di tanjakan sebelumnya kita harus kuasai dulu setengah koplingnya.
untuk teknik ini kita harus bisa merasakan felling kopling mobil kita agar bisa sesuai dgn tanjakan yang kita lalui.
ketika berhenti di tanjakan,pertama-tama kita masukkan persneling di gigi 1.handrem tetap pada posisi terangkat/on.kemudian angkat kopling perlahan-lahan sampai mobil terasa bergetar.getaran inilah yang perlu kita sesuaikan.
jika tanjakan itu melandai/rendah maka kopling jg jangan terlalu tinggi.....sesuaikan.
jika tanjakan itu agak tinggi maka kopling kita juga harus pas.rasakan sampai getaran mesinnya sesuai.
setelah dapat getarannya,lepas handrem.kita lihat,kalau mobil tidak bergerak maka artinya kopling kita sudah sesuai.itu bagus...
Untuk berhenti lagi,tinggal tekan kopling pelan di imbangi dengan tarik handrem.untuk berhenti dalam waktu yang lama,kita netralkan dulu gigi persneling.tentunya dengan pakai handrem juga.
→Berhenti dengan rem kaki.
Sama dengan langkah teknik handrem...
cara belajar mengemudi mobil di tanjakan dengan rem kaki adalah pertama-tama kita cari berhenti dengan kopling.
setelah dapat getaran mobil sesuai,lepas kopling pelan sampai mobil jalan.ketika ingin berhenti,tekan kopling pelan di imbangi dengan tekan rem kaki.teknik ini biasanya di pakai saat berada di tanjakan ketika macet merayap.
→Berhenti dengan gas.
Mungkin bagi yang baru belajar,berhenti dengan tetap nginjak gas terdengar agak sedikit aneh.
tapi sebenarnya ini teknik dari dasar itu tadi.
pertama,kita harus mencari setengah koplingnya.
setelah dapat getaran,jangan terburu-buru jalan dulu.tapi kita injak gas dulu untuk mengimbangi setengah kopling itu tadi.
putaran gas ini jangan terlalu tinggi tapi juga jangan terlalu rendah.
injak saja gas sampai putaran mesin berada di antara 2000-2500rpm.setelah itu stabilkan.
untuk dapat berjalan,angkat kopling perlahan tapi gas tetap stabil untuk menjaga tenaga mesin yang di gunakan menanjak.
Beberapa cara belajar mengemudi mobil di tanjakan tersebut di atas bisa anda gunakan secara bergantian ketika berhenti di tanjakan.
kuasai setengah kopling mobil kita,maka ketika kondisi kita di jalan raya khususnya di jalan tanjakan maka tidak akan terjadi hal-hal yang bisa berakibat fatal.
Setelah anda sudah belajar basic/dasar belajar mengemudi mobil,dan sudah bisa mengemudi mobil di jalan raya,maka anda akan di hadapkan dengan tantangan selanjutnya..
Berhenti di tanjakan...
Berhenti di tanjakan...
itu susah-susah gampang..
apalagi pas jalanan macet..
Nah...ketika sudah berada di jalan raya.semua orang yang sedang belajar mengemudi pasti ingin tahu cara mengemudi mobil di tanjakan.
...Termasuk anda bukan?
Saat berhenti di tanjakan,supaya mobil bisa stabil ketika berhenti,berikut ada beberapa cara berhenti di tanjakan,antara lain:
→ Berhenti dengan Handrem.
google.com |
ketika berhenti di tanjakan sebelumnya kita harus kuasai dulu setengah koplingnya.
untuk teknik ini kita harus bisa merasakan felling kopling mobil kita agar bisa sesuai dgn tanjakan yang kita lalui.
ketika berhenti di tanjakan,pertama-tama kita masukkan persneling di gigi 1.handrem tetap pada posisi terangkat/on.kemudian angkat kopling perlahan-lahan sampai mobil terasa bergetar.getaran inilah yang perlu kita sesuaikan.
jika tanjakan itu melandai/rendah maka kopling jg jangan terlalu tinggi.....sesuaikan.
jika tanjakan itu agak tinggi maka kopling kita juga harus pas.rasakan sampai getaran mesinnya sesuai.
setelah dapat getarannya,lepas handrem.kita lihat,kalau mobil tidak bergerak maka artinya kopling kita sudah sesuai.itu bagus...
Untuk bisa jalan,angkat kopling pelan sampai di rasakan mobil bisa jalan.
Untuk berhenti lagi,tinggal tekan kopling pelan di imbangi dengan tarik handrem.untuk berhenti dalam waktu yang lama,kita netralkan dulu gigi persneling.tentunya dengan pakai handrem juga.
hal ini untuk menghemat kampas kopling.
→Berhenti dengan rem kaki.
google.com |
Sama dengan langkah teknik handrem...
cara belajar mengemudi mobil di tanjakan dengan rem kaki adalah pertama-tama kita cari berhenti dengan kopling.
setelah dapat getaran mobil sesuai,lepas kopling pelan sampai mobil jalan.ketika ingin berhenti,tekan kopling pelan di imbangi dengan tekan rem kaki.teknik ini biasanya di pakai saat berada di tanjakan ketika macet merayap.
→Berhenti dengan gas.
google.com |
tapi sebenarnya ini teknik dari dasar itu tadi.
pertama,kita harus mencari setengah koplingnya.
setelah dapat getaran,jangan terburu-buru jalan dulu.tapi kita injak gas dulu untuk mengimbangi setengah kopling itu tadi.
putaran gas ini jangan terlalu tinggi tapi juga jangan terlalu rendah.
injak saja gas sampai putaran mesin berada di antara 2000-2500rpm.setelah itu stabilkan.
untuk dapat berjalan,angkat kopling perlahan tapi gas tetap stabil untuk menjaga tenaga mesin yang di gunakan menanjak.
Beberapa cara belajar mengemudi mobil di tanjakan tersebut di atas bisa anda gunakan secara bergantian ketika berhenti di tanjakan.
kuasai setengah kopling mobil kita,maka ketika kondisi kita di jalan raya khususnya di jalan tanjakan maka tidak akan terjadi hal-hal yang bisa berakibat fatal.
Komentar