Langsung ke konten utama

Belajar Mengemudi Mobil di Tanjakan.

Supaya Tidak Mundur...

Setelah anda sudah belajar basic/dasar belajar mengemudi mobil,dan sudah bisa mengemudi mobil di jalan raya,maka anda akan di hadapkan dengan tantangan selanjutnya..

Berhenti di tanjakan...

itu susah-susah gampang..
apalagi pas jalanan macet..

Nah...ketika sudah berada di jalan raya.semua orang yang sedang belajar mengemudi pasti ingin tahu cara mengemudi mobil di tanjakan.

...Termasuk anda bukan?

Saat berhenti di tanjakan,supaya mobil bisa stabil ketika berhenti,berikut ada beberapa cara berhenti di tanjakan,antara lain:

Berhenti dengan Handrem.
    Hasil gambar untuk gambar mengemudi mobil di tanjakan
    google.com
    Perlu di ketahui,

    ketika berhenti di tanjakan sebelumnya kita harus kuasai dulu setengah koplingnya.

    untuk teknik ini kita harus bisa merasakan felling kopling mobil kita agar bisa sesuai dgn tanjakan yang kita lalui.

    ketika berhenti di tanjakan,pertama-tama kita masukkan persneling di gigi 1.handrem tetap pada posisi terangkat/on.kemudian angkat kopling perlahan-lahan sampai mobil terasa bergetar.getaran inilah yang perlu kita sesuaikan.

    jika tanjakan itu melandai/rendah maka kopling jg jangan terlalu tinggi.....sesuaikan.

    jika tanjakan itu agak tinggi maka kopling kita juga harus pas.rasakan sampai getaran mesinnya sesuai.

    setelah dapat getarannya,lepas handrem.kita lihat,kalau mobil tidak bergerak maka artinya kopling kita sudah sesuai.itu bagus...
    Untuk bisa jalan,angkat kopling pelan sampai di rasakan mobil bisa jalan.

    Untuk berhenti lagi,tinggal tekan kopling pelan di imbangi dengan tarik handrem.untuk berhenti dalam waktu yang lama,kita netralkan dulu gigi persneling.tentunya dengan pakai handrem juga.
    hal ini untuk menghemat kampas kopling.

    →Berhenti dengan rem kaki.
    google.com

    Sama dengan langkah teknik handrem... 
    cara belajar mengemudi mobil di tanjakan dengan rem kaki adalah pertama-tama kita cari berhenti dengan kopling.
    setelah dapat getaran mobil sesuai,lepas kopling pelan sampai mobil jalan.ketika ingin berhenti,tekan kopling pelan di imbangi dengan tekan rem kaki.teknik ini biasanya di pakai saat  berada di tanjakan ketika macet merayap.

    →Berhenti dengan gas.


    google.com
    Mungkin bagi yang baru belajar,berhenti dengan tetap nginjak gas terdengar agak sedikit aneh.

    tapi sebenarnya ini teknik dari dasar itu tadi.

    pertama,kita harus mencari setengah koplingnya.

    setelah dapat getaran,jangan terburu-buru jalan dulu.tapi kita injak gas dulu untuk mengimbangi setengah kopling itu tadi.

    putaran gas ini jangan terlalu tinggi tapi juga  jangan terlalu rendah.
    injak saja gas sampai putaran mesin berada di antara 2000-2500rpm.setelah itu stabilkan.
    untuk dapat berjalan,angkat kopling perlahan tapi gas tetap stabil untuk menjaga tenaga mesin yang di gunakan menanjak.

    Beberapa cara belajar mengemudi mobil di tanjakan tersebut di atas bisa anda gunakan secara bergantian ketika berhenti di tanjakan.
    kuasai setengah kopling mobil kita,maka ketika kondisi kita di jalan raya khususnya di jalan tanjakan maka tidak akan terjadi hal-hal yang bisa berakibat fatal.
           
          
       

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Belajar Basic atau Dasar Pada Mobil.

    Hal pertama yang perlu anda ketahui.... ketika akan belajar mengemudi mobil,yang perlu anda tahu pertama kali adalah tentang basic/dasar pada mobil itu sendiri. Dengan mengetahui basic terlebih dahulu,anda bisa tahu bagaimana mobil yang akan anda gunakan itu ingin "dimengerti". Secara umum,setiap mobil butuh kepekaan felling yang berbeda antara mobil satu dengan yang lainnya.sebagai gambaran mudahnya,mobil avanza type baru pasti lebih nyaman dari type sebelumnya. seperti itulah kira-kira.... Dari hal tersebut,penting bagi anda semua untuk mengetahui apa kegunaan dari setiap instrumen yang ada di dalam mobil. Jika di lihat dari fitur mobil secara umum,berikut instrumen dan kegunaannya: Tempat duduk Dari sini,... setting tempat duduk anda supaya ketika mengemudi bisa senyaman mungkin. caranya,tarik tuas di  bawah kursi dan atur maju mundurnya di cari posisi sampai benar. Untuk mobil manual,usahakan kaki kita senyaman mungkin dalam
    3 Cara Belok Mobil Yang Benar. Bagaimana cara belok mobil yang benar....? Di artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang langkah awal belajar mengemudi mobil, tips mengemudi mobil , belajar dasar/basic pada mobil ,dan juga cara mengemudi mobil di tanjakan . Sekarang,kita akan bahas cara belok mobil bagi pemula. Bagi anda yang sudah mahir dalam mengemudi mobil tentunya tidak akan mengalami kesulitan dalam hal belok.Entah itu belok di gang besar ataupun gang kecil.Tapi bagi yang baru belajar atau pemula,bagaimana cara belok mobil ketika berada di tikungan entah itu gang besar ataupun kecil akan menjadi tantangan tersendiri. Perlu anda ketahui,... bahwa berbelok ketika di tikungan tidak boleh asal-asalan alias ngawur. Hal paling dasar  adalah mengenai felling kita terhadap mobil yang sedang kita kemudikan dengan jalan yang akan kita lalui untuk berbelok.Untuk hal selanjutnya adalah cara belok itu sendiri. Nah,..Jika kedua hal ini sudah di kuasai pastinya ketika b

    Belajar Mengemudi Mobil Matic.

                                   Untuk para pemula,khususnya wanita ada beberapa sebagian yang takut jika belajar mengemudi mobil menggunakan mobil manual dan lebih memilih untuk belajar mengemudi mobil matic. Ini dirasakan sebagian orang akan mudah di pelajari. ...Memang benar. Akan tetapi,dalam proses belajar mobil matic jangan sampai menganggap enteng juga.. Cara belajar  mengemudi mobil matic hampir sama dengan belajar mengemudi mobil manual. Jika pada mobil manual terdapat pedal kopling-rem-gas ,maka pada mobil matic cuma ada pedal rem dan gas. Tuas persneling mobil manual lebih komplit daripada mobil matic.Perbedaan itulah yang akan di pelajari pada artikel kali ini. cara belajar mengemudi mobil matic antara lain: Setting tempat duduk.  Tidak jauh berbeda dengan mobil manual,... Pada mobil matic pun kita tetap harus setting tempat duduk pertama kali masuk mobil. Tarik tuas yang ada di kursi mobil untuk mendapatkan posisi yang nyaman dalam